Tips Sehat Saat Makan Nasi Padang

Tips Sehat Saat Makan Nasi Padang

istanaberita.com – Nasi padang dan makanan khas Sumatera Barat kerap dilabeli tidak sehat karena tinggi kandungan karbohidrat, lemak, dan santan.

Tak bisa dipungkiri, olahan bumbu santan dengan lauk ikan atau ayam memang enak dimakan. Namun, ada risiko lemak, kolesterol hingga asam urat yang mengintai pecinta nasi padang.

Nyatanya, doyan makan nasi padang tak melulu buruk bagi tubuh. Ada beberapa tips sehat yang bisa kamu coba agar makan nasi padang tetap enak dan sehat.

Bagi kamu yang suka makan nasi padang, jangan lupa masukkan menu sayuran. Daun singkong, timun, dan terong merupakan pilihan sayuran yang tersedia di rumah makan padang.

Perhatian juga porsi nasi yang dimakan. Jika bisa, pesan nasi setengah porsi saja, mengingat nasi di rumah makan padang cenderung banyak.

Perlu diingat bahwa asupan karbohidrat harian seseorang hanya 50 atau 60 persen dari total kalori yang dimakan.

Saat makan, kunyah makanan secara perlahan. Riset membuktikan bahwa mengunyah makanan secara perlahan mengurangi risiko nambah porsi makan, sekaligus memastikan makanan tercerna dengan baik di usus.

Hindari juga makanan dibakar yang sudah gosong, karena ada risiko karsinogen. Lebih baik pilih lauk yang direbus atau dipanggang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *