8 Hal Cara Inilah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

8 Hal Cara Inilah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

8 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi d8 Hal Cara Inilah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayian Mengenali Penyebabnya

8 Hal Cara Inilah Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

ISTANABERITA – Tak cuma orang dewasa, bayi pun bisa terserang perut kembung. Perut kembung pada bayi membuat bayi tidak nyaman sehingga dia dapat menjadi penyebab bayi kerap rewel dan sering menangis tanpa alasan. Sebenarnya perut kembung pada bayi hingga usia 3 bulan termasuk hal yang wajar, karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Seiring bertambahnya usia, bayi juga dapat mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya. Oleh sebab itu Anda perlu mengenali tandanya dan mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Pada saluran pencernaan memang terdapat gas atau udara. Namun yang menjadi masalah jika gas di dalamnya berlebih. Pada anak yang lebih besar atau orang dewasa, gas tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan. Namun cara mengatasi perut kembung pada bayi berbeda. Pasalnya, beberapa bayi tidak dapat dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya dan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk mengeluarkannya.

Sebelum mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi, Anda perlu mengenali tanda perut kembung pada bayi. Nah, berikut ini  rangkum dari berbagai sumber, cara mengenali perut kembung pada bayi, penyebabnya serta cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Penyebab perut bayi kembung

Perut kembung biasanya disebabkan akibat menelan udara atau penguraian makanan melalui pencernaan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi, antara lain:

– Makanan yang dikonsumsi ibu.

Bayi yang masih minum ASI dapat menghasilkan gas yang berlebihan saat ibu si kecil makan sayuran pembentuk gas seperti kembang kol, brokoli, kol, bawang bombai, atau kacang.

– Salah posisi saat menyusui.

Hal ini juga bisa menjadi penyebab bayi mengalami perut kembung. Jika posisi payudara atau botol susu salah posisi bisa membuat bayi menelan terlalu banyak udara.

– Laktosa berlebihan.

Hal ini terjadi biasanya ketika bayi mendapat terlalu banyak foremilk (ASI awal setiap kali si kecil mulai menyusui) yang kaya akan laktosa tapi rendah lemak. Kemudian tidak semua laktosa dicerna karena tidak ada cukup lemak untuk memperlambat proses ini. Akibatnya, terjadilah penumpukan gas yang berlebih pada perut bayi.

– Sistem pencernaan yang belum matang.

Bayi belum belajar mengolah makanan, gas, dan feses dengan sempurna. Usus juga belum menghasilkan mikroflora (keseimbangan bakteri baik) yang normal. Padahal, semua hal ini diperlukan untuk kerja sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi bayi.Jika bayi sudah mulai makan, Anda perlu memerhatikan makanannya. Kurangi porsi sayuran yang mengandung gas secara berlebihan.

Tips mencegah perut kembung pada bayi

Sebelum mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi, penting juga untuk mengetahui tips mencegah perut kembung pada bayi.

– Batasi konsumsi buah asam saat menyusui.

Batasi konsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, kacang tanah, kecang mete, hazelnut, dan kacang kedelai, serta hasil olahannya. Batasi konsumsi olahan susu dan hasil olahannya seperti es krim, keju, yoghurt dan mentega. Hal ini disebabkan karena zat laktosa pada susu jika diuraikan akan menghasilkan gas.

– Hindari pemberian botol dot

Menghindari pemberian botol dot bisa meminimalkan kemungkinan berlebihnya gas atau udara di perut bayi. Ketika bayi merasa lapar, dia akan menangis. Nah, saat menangis ini, bayi akan cenderung menelan udara lebih banyak. Usahakan menyusui bayi langsung dari payudara ketika bayi menunjukkan gejala-gejala perut kembung, bayi yang minum susu dari botol lebih mudah menelan udara.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Setelah mengetahui penyebab perut kembung pada bayi, yuk simak beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi berikut ini.

1.Menggosok perut bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah dengan menggosok perut bayi. Jika perut bayi Anda kembung dan ketika ditepuk pelan mengeluarkan suara nyaring, maka Anda bisa menggosok perut bayi. Cara ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut bayi bisa kembali seperti semula. Bahkan membantu bayi sering buang angin sehingga tidak kembung. Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar. Perhatikan cara Anda menekannya, jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit.

2.Beri pijatan lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memberi pijatan lembut. Pijat lembut anggota tubuh bayi seperti perut, punggung dan dada. Anda juga dapat menggunakan minyak yang menghangatkan tubuh bayi untuk dibalurkan di area perut, punggung dan dada sembari memijat sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Lakukan pemijatan satu jam setelah bayi menyusu. Hentikan pemijatan bila bayi menangis atau menunjukkan tanda-tanda tak nyaman.

3.Menepuk punggung bayi dengan lembut

Perut bayi Anda kembung mungkin karena masalah angin yang terperangkap dalam perut. Kondisi ini biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula, minum ASI atau bahkan mendapatkan makanan pendamping ASI. Efek dari makanan atau minuman ini bisa menyebabkan bayi sulit bersendawa.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah setelah bayi menyusu, usahakan untuk menggendongnya dengan posisi tubuh bayi menghadap kamu, tempelkan perutnya pada dadamu, lalu tepuk-tepuk kecil punggungnya sehingga si kecil terpancing untuk bersendawa. Setelah bersendawa maka biasanya perut kembung bayi sembuh. Jika ia tak bersendawa juga, baringkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit, agar perutnya tertekan dan gas bisa keluar dari perutnya.

4.Perbaiki posisi menyusui

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi menyusui. Saat Anda sedang menyusuinya atau memberikan susu lewat botol dot, cobalah untuk memosisikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Dengan begini, susu akan lebih mudah masuk ke dalam perut dan udara menuju ke atas sehingga bayi dapat bersendawa. Gunakan bantal menyusui guna memudahkan Anda untuk menyusui dengan posisi yang tepat tersebut.

Beri air hangat dan Biarkan bayi tengkurap agak lama

5.Beri air hangat

Air hangat sangat baik untuk membantu perut bayi menjadi lebih nyaman dan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Cara ini bisa dilakukan untuk bayi yang baru lahir maupun bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Jika bayi Anda masih bayi maka cukup mandikan bayi dengan air hangat.

Bila si kecil berusia di atas 6 bulan dan sudah mulai makan, Anda bisa meminumkan air hangat padanya. Namun, jika si kecil belum mulai makan, kamu bisa mengompres perut dan punggungnya dengan kain lap hangat. Rendam kain beberapa saat di air hangat, peras, lalu tempelkan pada perut dan punggung si kecil. Mandi air hangat juga bisa membantu bayi mengeluarkan gas di perutnya. Selain lebih mudah, cara mengatasi perut kembung pada bayi ini membantu perut bayi menjadi lebih nyaman.

6.Biarkan bayi tengkurap agak lama

Jika bayi Anda sudah bisa tengkurap maka Anda bisa membantu perut kembung bayi menjadi lebih mudah. Cara mengatasi perut kembung pada bayi pada langkah ini adalah dengan membiarkan bayi tengkurap lebih lama. Anda bisa mengamati apakah bayi merasa sakit, nyaman atau wajah yang aneh. Dengan posisi bayi yang tidur tengkurap akan membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badan. Kemudian bayi Anda bisa buang angin dengan bersendawa atau buang angin dari bawah. Selain itu cobalah untuk mengajak bayi berkomunikasi agar bayi mau membuka mulutnya.

Biarkan bayi bergerak aktif dab Gerakkan kaki bayi seperti bersepeda

7.Biarkan bayi bergerak aktif

Sat perut bayi kembung, jangan membatasi gerakan bayi meskipun Anda merasa khawatir. Berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dan kemampuan fisik bayi berguna sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggendong bayi karena bayi bisa menjadi kurang aktif. Anda bisa mengajak bayi untuk bermain atau belajar sesuai dengan fisiknya. Berbagai gerakan ini akan membantu bisa bersendawa. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini penting dilakukan setelah bayi minum ASI atau minum susu formula.

8.Gerakkan kaki bayi seperti bersepeda

Membuang gas perut untuk bayi memang menjadi hal yang menantang untuk semua ibu. Jika Anda telah melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi namun tidak berhasil, maka cobalah cara ini. Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah Anda bisa menggerak-gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan secara lembut sambil ajak bayi untuk tertawa atau berkomunikasi. Gerakan kaki akan menekan bagian perut yang mendorong gas perut bergerak ke atas hingga kerongkongan bayi. Langkah ini juga bisa membantu mengatasi rasa lelah berlebihan pada bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *